ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LOLONG GUBA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v1.i2.pp87-102Keywords:
Berpikir Kreatif, Operasi Hitung PecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri 2 Lolong Guba pada materi operasi hitung pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Lolong Guba. Subjek ditentukan berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan guru matematika yang mengajar di kelas tersebut. Subjek yang diteliti sebanyak 3 orang siswa, subjek berkemampuan tinggi, subjek berkemampuan sedang, dan subjek berkemampuan rendah. Data dikumpulkan menggunakan tes awal yang diberikan oleh guru kepada sumber data untuk menentukan subjek penelitian, setelah itu subjek diberikan tes tertulis yang memuat 4 butir soal uraian dengan materi operasi hitung pecahan, selanjutnya setelah memeriksa hasil tes operasi hitung pecahan, peneliti melakukan wawancara sesuai dengan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kreatif subjek berkemampuan tinggi mampu mencapai tingkat kreatif, berpikir kreatif subjek berkemampuan sedang hanya mampu mencapai tingkat cukup kreatif, dan berpikir kreatif subjek berkemampuan rendah hanya mencapai tingkat tidak kreatif. Uji keabsahan data pada penelitian ini dengan menggunakan uji credibility
References
Ayu, H., Rahmawati, B., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ). Jurnal Fakultas Tarbiah Dan Keguruan.
Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2014). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 PALEMBANG. Jurnal Universitas Sriwijaya, 1, 121–127.
Krismanita, R., & Qosyim, A. (2021). Analisis Kemampua Berfikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Berbasis Inquiri Terbimbing. Pensa E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 159–164.
Latuny, Desi; Mataheru, Wilmintjie; Ngilawajan, D. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Dijarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division dan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Study Komparasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Saparua Dalan Pembelajaran Matemat. Jurnal Pendidikan Matematika.
Ma, L., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Jurnal Wacana Akademica, 1(2), 151–164.
Mardhiyana, D., Octaningrum, E., & Sejati, W. (2012). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Universitas Yogyakarta, 672–688.
Muflikhah, D. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan soal higher order thinking skripsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1143–1145.
Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). KEMAMPUAN BERPIKI KREATIF MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342
Parmiti, D. P., Elma, P., & Safitri, A. (2018). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Nasional, 2(2), 144–155.
Prasetyo, A., & Mubarokah, L. (2014). BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASAR MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Siduarjo, 2(1), 9–18.
Rahmawati, N. T. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa pada Pembelajaran SSCS dengan Tinjauan Metakognisi. Jurnal Guru Matematika SMK Muhammadiyah Pekalongan, (2), 150–160.
Saifudin Azis. (2012). Membangun Kempapuan Berfikir Kreatif Matematis dengan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Formatif, (1), 28–61.
Sohibi, M., & Siswanto, J. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA Muh Sohibi dan Joko Siswanto. 135–144.
Supardi, U. . (2020). PERAN BERPIKIR KREATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262.
Syadiq. (2014). Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Terhadap Kemampuan Berfikir Statistik. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 541–549.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tri Rizki Angriyani, Wilmintjie Mataheru, Novalin C Huwaa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.