PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KONTEKTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE
DOI:
https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v2.i1.pp1-9Keywords:
lembar kerja siswa, think talk writeAbstract
Tujuan pengembangan LKS berbasis kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yaitu menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan (Research and Develompment) menggunakan model 4D (four-D model) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Develop). Siswa SMP YPPK Santo Mikael Merauke kelas VII menjadi subyek penelitian, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Berdasarkan hasil validasi dari tiga validator diperoleh bahwa LKS telah layak diujicobakan dan digunakan dalam pembelajaran di sekolah; (2) produk LKS setelah tahap akhir uji coba terbatas didapatkan bahwa LKS tersebut praktis dengan hasil uji lembar kepraktisan guru dan siswa dengan skor rata-rata 92,3% dan 90,8%; dan (3) Produk LKS yang dihasilkan efektif digunakan dengan hasil nilai rerata siswa menggunakan LKS berturut-turut adalah 72,4; 81,9; dan 83,2 dan persentase keefektifan sebesar 85,3%; 91,1%; dan 100%.
References
Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–17. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Evendy, R., Sumarmi, & Astina, I. K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 271–277.
Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.
Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61–74. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1
Fitriyana, N., & Asnurida, R. (2018). Pengaruh Strategi Think Talk Write (TTW) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 42–52. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.244
Lamapaha, Y. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Berorientasi Penalaran Saintifik. Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 58–68.
Lubis, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas X Sma Swasta Uisu Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3378
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ Muhammadiyah Metro, 4(1), 67–77.
Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. e-mail: paud.ppsunj@gmail.com%0AAbstract:
Santi, I. K. L., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 35–44. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9673
Setiyaningrum, E., & Istiqomah, I. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think €“ Talk - Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Magelang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.30738/.v3i1.270
Su’udiah, F., Degeng, I. N. S. ., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744—1748.
Suryani, I., Mardiati, Y., & Herlanti, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Edusains, 8(2), 150–156. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.1823
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Oswaldus Dadi, Abdul Rachman Taufik, Eka Kridayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.