Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Tipe Snowball Throwing
DOI:
https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v1.i1.pp8-17Keywords:
hasil belajar, think talk write, snowball throwingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Tanimbar Selatan kelas VIII yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe penelitian eksperimen (Quasi Experimental Design). Desain penelitian yang digunakan adalah posstest only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanimbar Selatan dengan jumlah 47 siswa, dan semua jumlah populasi tersebut dijadikan sebagai sampel, diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Tanimbar Selatan kelas VIII yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Hal ini ditunjukk an pada hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 22.0 yang diperoleh menunjukan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, sehingga menyebabkan H0 ditolak, dan H1 diterima
References
Asyari. 2016. Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Assessment For Learning (AFL) Melalui Penilaianteman Sejawat Meningkatkan Kemandirian Belajar siswa Kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2. ISSN: 2442-3041
Detapratiwi, R. 2013. The Impact of Team Pair SoloTechnique and Round Robin Technique on Student Ability in Writing Descriptive Text. Jurnal of English Leanguage Teaching. Vol. 2, No. 2. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt ISSN: 2252-6706
Dwiputra., dkk. 2017. Penerapan model snowball throwing dalam pembelajaran matematika materi lingkaran. Jurnal vol. 5 No.1 .ISSN: 2337-6139
Hamdayama.2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia
Huda, M. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Idris., dkk. 2015. Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan Sistem persamaan linear dua variabel .jurnal matematika dan pendidikan matematika. Jurnal Vol. 4 No.1 . ISSN: 2089-855x
Iru, La dan Arihi L.S. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Jogjakarta : Multi Presindo.
Palinussa, A. L. 2012. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya. Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu
Purbowo, Mashuri & Hendikawati. 2012. Kefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berban-tuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Jour-nal of Mathematics Education. 1 (1) 20-25
Ratumanan, T. G & Th. Laurens. 2015. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pensil Komunika.
Ratumanan, T. G. 2017. Belajar dan pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Shoimin, A. 2014. 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ
Soselisa, N., Gaspersz, M., & Ngilawajan, D. (2020). Application Of Think Talk Write Model To Improve Junior High School Students' Mathematical Achievement. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 3(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wattimena Sharon F, Wilmintjie Mataheru, Anderson L Palinussa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.