PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 AMBON

Authors

  • Henderika Anaktototy Universitas Pattimura
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Novalin C Huwaa Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v2.i1.pp24-34

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar, PLSV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar persamaan linier satu variabel. Tipe penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan mengambil sampel dari kelas VII-1 SMP Negeri 20 Ambon sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 22 yang terdiri dari analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dalam penelitian ini, digunakan analisis regresi sederhana, karena hanya memiliki satu varibel bebas dan satu variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Ambon

References

Ahmad Susanto. (2013). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar (hlm. 68). Jakarta: Kencana.

Aisyah, D. (2021). Analisis gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika di era pandemi Covid-19. Edutama, 1–18.

Andry Jecseneri. (2018). Pengaruh motivasi belajar, minat belajar siswa serta kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar fisika kelas VIII SMP Negeri 1 Tana Tidung tahun ajaran 2017/2018.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10).

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi revisi, Cetakan ke-9). Jakarta: Bumi Aksara.

Diana Rizky Yasa Qurroti A’Yunin. (2016/2017). Pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS Sunan Kalijogo Sendang tahun pelajaran 2016/2017.

Endah Widiarti. Pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X ilmu sosial di SMA Negeri 2 Banguntapan.

Fazri Sobari. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Jonggol (Skripsi).

Hamdu, G. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).

Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 5–11.

I. Gusti Darmawan. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran menggambar bangunan di SMK Negeri 1 Seyengan.

Joseph, L. (2012). Belajar dan pembelajaran matematika. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kakerissa, T. Y. (2015). Perbedaan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 7 Ambon yang diajarkan dengan model pembelajaran student facilitator and explaining dan model pembelajaran konvensional pada materi matriks (Skripsi). FKIP Universitas Pattimura.

Larasati, I. (2015/2016). Pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika materi persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VII-C SMP BOPKRI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016.

M., & Based, P. (2017). Yenni Fitra Surya. Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 38–53.

Mu’anisa. (2021). Pengaruh gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 (Skripsi). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Oemar Hamalik. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Palinussa, A. L., & Tamalene, H. (2021). Perbedaan hasil belajar matematika SPLDV pada siswa di Kota Ambon. Jurnal Aksioma, 10(2), 951–963.

Ratumanan, T. G., & Matitaputty, Ch. (2017). Belajar dan pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Rahman, A., Aisyah, & Susi Yanti. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII SMP Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2), 1–6.

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2015). Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan (Edisi ke-3). Bandung: Unesa University Press.

Sriwati, Fazri, & Puspa. (2013). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Bukit Barisan Padang.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (hlm. 66–68). Jakarta: Kencana.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wuryani, S. E. D. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sardiman. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Cipta Prakasa Sejati.

Syafi’i. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Tutur Kabupaten Pasuruan dan SMPN 13 Kota Malang.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, B. H. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Anaktototy, H., Laurens, T., & Huwaa, N. C. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 AMBON. Amalgamasi: Journal of Mathematics and Applications, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v2.i1.pp24-34

Most read articles by the same author(s)