PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMP YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Authors

  • Vinita Melinda Lasera Universitas Pattimura
  • Wilmintjie Mataheru Universitas Pattimura
  • Carolina S Ayal Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v2.i1.pp35-45

Keywords:

Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Model Discovery Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran missouri mathematics project dan model Discovery Learning ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk quasi experimental design. Sampel dalam penelitian  ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambon tahun sebanyak 97 siswa. Metode pengumpulan data melalui angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematic Project  memperoleh nilai rata-rata 55.28, yang menggunakan model  Discovery Learning memperoleh nilai rata-rata 50.55, dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 44.47. Ini berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran missouri mathematics project dan model Discovery Learning

References

Ali, M. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: CV Angkasa

Ansori & Aulia (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap KemampuanPemecahan Masalah Siswa di SMP. Vol 3 (1).

Asmani, 2016, Tips Efektif Cooperative Learning Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan, Yogyakarta: Dive Press

Hendriana, H., Prahmana, R.C.I & Hidayat, W. (2018). Students’ PerformanceSkills In Creative Mathematical Reasoning. Journal of Mathematics Education, 7 (2), 83-96. DOI 10.22460/infinity.v7i2.p83-96.

Hidayatullah, F. B. C. R. S. H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran), 2(2).

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Konstekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. bogor: Ghalia indonesia.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. bogor: Ghalia indonesia.

Hurlock, E, B. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke – 5). Jakarta: Erlangga

Irianto, A. 2012. Statistik:Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana

Ismah & VH. Sundi. (2018). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Labschool FIPUMJ. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 4 (2), pp: 161-169.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6, 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754.

Ratumanan, T. G & Theresia Laurens. 2016. Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 1 No. 2 Desember 2016.

Ratumanan, T, G, & Matitaputty, C, 2017, Belajar dan Pembelajaran Matematika, Bandung: Alfabeta.

Soedjadi. 2013. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Sofyan & T.G.Ratumanan. Pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematikasiswa smp negeri 21 Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Supanti, S., & Hartutik, I. (2018). Peningkatan hasil belajar dan kemandirian siswa pada materi sistem koloid dengan metode inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2031–3038.

Vita, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan HasilBelajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar GrafikFungsi Aljabar Sederhana Dan Fungsi Kuadrat Pada SiswaKelas X Sma Negeri Balung Semester GanjilTahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FKIP Jember. Vol 4, No.2

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Lasera, V. M., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2023). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA SMP YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Amalgamasi: Journal of Mathematics and Applications, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v2.i1.pp35-45

Most read articles by the same author(s)