ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v3.i2.pp94-104Keywords:
kesulitan siswa, sistem persamaan linier dua variabel, soal ceritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang akan memberikan gambaran tentang kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu soal tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data yang diperoleh dari subjek menunjukan jenis-jenis kesulitan dan presentase tingkat kesulitan pada setiap jenis kesulitan, dari hasil pekerjaan muncul kesulitan yang sama ataupun berbeda. Maka disimpulkan bahwa subjek masih mengalami kesulitan pada tahap memahami soal, tahap mentransformasikan soal, dan tahap menyelesaikan soal
References
Abdurrahman, U. (2012). Religion and language in the transformation of education in northern Nigeria during British colonial rule, 1900-1960. Intellectual Discourse, 20(2), 165–188.
Erliani, Eneng., Eli Rohmatullaeli, dan Nanang. 2011. “Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Model Matematika dari Soal Cerita”. Jurnal PTK Khusus(1): 1-6.
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-64.
Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi barisan dan deret. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 2(2), 78–88.
Joseph, E. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Dengan Menggunakan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Galala.Ambon: FKIP Unpatti.
Khasanah, U. (2015). Kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa SMP.
Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Polya. Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pratiwi, W. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta. [Online]. Diakses 6 Maret 2018.
Putri, L.A., & Dewi, P.S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema Journal Pendidikan Matematika. 2(1), 32-39.
Rahmawati, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03.
Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, I(2), 30–37.
Resta, E. L., & Munawaroh. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 1710–1718.
Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 286–293.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ledya Priskila Jacob, Wilmintjie Mataheru, Darma A Ngilawajan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.