ANALISIS BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI KELAS XI IPA SMA PGRI OMA-HARUKU
DOI:
https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v3.i2.pp65-77Keywords:
berpikir kritis, barisan, deret aritmetikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis peserta didik pada materi barisan dan deret aritmatika dikelas XI IPA SMA PGRI Oma-Haruku. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Terdapat 3 subjek penelitian, yaitu JB, BK, dan VS sebagai subjek yang dipilih untuk diwawancarai sesuai hasil pekerjaan peserta didik. Data penelitian berupa soal tes dan pedoman wawancara yang dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. JB dapat memenuhi keempat indikator berpikir kritis (Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan inferensi), BK memenuhi keempat indikator berpikir kritis (Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan inferensi) pada soal nomor satu dan tiga sedangkan pada soal nomor dua hanya memenuhi dua indikator berpikir kritis (Interpretasi dan Analisis), dan VS memenuhi keempat indikator berpikir kritis (Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan inferensi) pada soal nomor satu dan tiga sedangkan pada nomor dua tidak memenuhi empat indikator berpikir kritis
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10.
Arif, M., & Hayudiyani, M. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKJ ditinjau dari kemampuan awal dan jenis kelamin siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 4(1), 20-27.
Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Pada Materi Barisan Aritmatika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 30-44.
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika menggunakan tahapan kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522-532.
Deliana, T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10), 1331-1343.
Febriliyani, A., & Ratu, N. (2018). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 180-189.
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68-77.
Ismianti, I., Yunus, J., & Umam, K. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Matematika pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2).
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.
Karim, K., & Normaya, N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Khasanah, B. A., & Ayu, I. D. (2017). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Brain Based Learning. Eksponen, 7(2), 46-53.
Kurniawati, N., & Rohmah, A. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Teori Polya. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 31-36.
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2).
Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019, February). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 439-443).
Rani, H., Siswono, T. Y. E., & Khabibah, S. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5834-5844.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Clawnix A Sekewael, Wilmintjie Mataheru, Novalin C Huwaa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.