ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 6 AMBON
DOI:
https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v3.i2.pp78-93Keywords:
bilangan pecahan, pemahaman konsep, taksonomi soloAbstract
Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu bagian penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Namun, nyatanya masih terdapat siswa yang kesulitan dalam memahami suatu konsep. Salah satu alat sederhana yang dapat digunakan untuk mengukur dan menentukan sejauh mana level pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran yaitu taksonomi SOLO. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berdasarkan taksonomi SOLO pada materi bilang pecahan kelas VII SMP Negeri 6 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa dengan kategori subjek tinggi berada pada level extended abstract. kategori subjek sedang berada pada level multistructural, sedangkan kategori subjek rendah berada pada level prestructural
References
Agustin, S, A. (2023). Pembelajaran Limit Fungsi dengan Taksonomi SOLO Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP).
Anih, E. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp-It Alamy Subang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Ardiansyah, M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan dengan Platfrom Quizizz. Jurnal Ilmiah Kependidikan
Ayuningsih, R., Setyowati, R, D., Utami, R, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier Berdasarkan Teori kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
Gaspersz, G., Molle, J. S., Gaspersz, M. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN PADA SISWA SMP. Jurnal Riset Mahasiswa
Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. 7(01), 123–136.
Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematics)
Kirana, A., Nur, I, R, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Education
Komariyah, S., Afifah, D, S, N., Resbiantoro, G. (2018). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. SOSIOHUMANIORA
Manik, H., Sihite, A, C, B., Sianturi F., Panjaitan. S., Hutauruk, A, J, B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Jurnal Edumaspul.
Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Naifo, E, R, M., Fitriani., Siahaan, M, M, L. (2023). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF OBSERVED LEARNING OUTCOMES) PADA MATERI PERBANDINGAN. Jurnal Pendidikan Matematika
Puspitasari, N., & Setyaningsih, N. (2016). Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar ditinjau dari Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi.
Ruslianti, T., Firmansyah, D., Karawang, U. S., Ruslianti, T., & Firmansyah, D. (2022). SPLTV The High School Student ’ Capacity to Understand Mathematical Concepts on SPLTV Materials.
Unaenah, E., Sumantri, M. S. (2019). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN (Vol. 3, Issue 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Wibawa, H. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Sola Materi Himpunan Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baki.
Widyawati, A., Septi Nur Afifah, D., Resbiantoro, G. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo Pada Kelas VIII Analysis Of Student Error in Solving Circle Problem Based On Solo Taxonomy In Class VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Angelqueen W Tamonob, Theresia Laurens, R H Yanti Silitonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.