ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v3.i2.pp105-123Keywords:
pemahaman konsep, sistem persamaan linear tiga variabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Negeri 1 Seram Bagian Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif didukung dengan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 orang peserta didik yang dipilih dari 24 peserta didik kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Seram Bagian Barat, berdasarkan hasil tes pemahaman konsep pada materi SPLTV, dan pertimbangan pendidik mata pelajaran bahwa subjek mampu berkomunikasi dengan baik. Hasil tes peserta didik diklasifikasikan berdasarkan tingkatan Peniliaian Acuan Patokan (PAP) dalam menentukan kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah, kemudian pada masing-masing kategori dipilih satu peserta didik. Data yang diperoleh dari kategori subjek selanjutnya dianalisis secara kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 1 peserta didik kategori tinggi dan 1 peserta didik kategori sedang memenuhi 4 indikator yaitu indikator menunjukkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur atau operasi tertentu, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah, dan 1 peserta didik yang memenuhi 1 indikator dari 4 indikator yaitu menunjukkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep
References
Agustina, N. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dalam Pembelajaran Berbasis Apos. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12.
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Pada Materi Statistika Dasar. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224.
Fadlilah, N. (2015). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Volume Prisma Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627.
Puspitasari, E., Yusuf, E., & Nugraha, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP. Universitas Tanjungpura.
Rahmawati, N., & Maryono, M. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya pada Siswa Kelas VIII MTs Materi Pokok SPLDV. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 23–34.
Rifa’i, R., & Dahliyah, C. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari Melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 2580–6335.
Rismawati, M., Andri, A., & Averon, V. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Materi Spltv. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1009–1018.
Silfia, I., & Pranyata, Y. I. P. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Teori Apos. SIGMA, 6(2), 141.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surven, Sarumaha, A., & La’ia, H. T. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi SPLTV Kelas X SMK Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–40.
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550.
Widaninggar, N. N., Mardiyana, & Kurniawati, I. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPS 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika SOLUSI, 1(4), 26–45.
Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Friska Yuliar Alfons, Juliana S Molle, Novalin C Huwaa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.