Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Fungsi di Kelas X SMA Kartika XIII-1 Ambon

Authors

  • Kezia Septiany Nussy Universitas Pattimura
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Carolina S Ayal Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v1.i1.pp25-32

Keywords:

pemahaman konsep matematis

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan siswa dalam menemukan dan menjelaskan, menerjemahkan, menafsirkan dan menyimpulkan suatu konsep matematis berdasarkan pembentukan sendiri, bukan hanya sekedar menghafal. sehingga mencapai tujuan yang diinginkan, dalam hal ini pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendekrispikan pemahaman konsep matematis pada materi fungsi di kelas X SMA Kartika XIII 1 Ambon. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualititatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 subjek yang diambil berdasarkan hasil tes awal yang diberikan oleh guru kemudian dikelompokan dalam 3 kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah berdasarkan kriteria dari guru. Selanjutnya, diambil 1 orang dari setiap kategori yang ada untuk melakukan tes pemahaman konsep matematis pada materi fungsi dengan ketentuan bahwa ke-3 subjek memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu memberi tanggapan pada tahapan wawancara setelah mengerjakan soal fungsi yang diberikan oleh peneliti. Dari ketiga subjek berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa subjek dengan kategori tinggi cenderung memiliki kemampuan indikator pemahaman konsep yang baik dibanding dengan subjek kategori sedang begitu pula subjek dengan kategori sedang cenderung memiliki pemahaman konsep yang cukup baik dibanding dengan subjek dengan kategori rendah yang memiliki pemahaman konsep yang kurang baik

References

Faradhila, Nora, dkk. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Matematika Solus. Vol. 1 No.1. Maret 2013.

Kilpatrick, J., Swafford, J. & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press

Ratumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Rismawati, Mattalata. 2018. Evaluasi Kinerja Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.

Suherman, H. Erman. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI, 2003

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Nussy, K. S., Laurens, T., & Ayal, C. S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Fungsi di Kelas X SMA Kartika XIII-1 Ambon. Amalgamasi: Journal of Mathematics and Applications, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v1.i1.pp25-32